Kamis, 24 November 2011

Monumen Mandala Makassar, Penghargaan Untuk Pejuang Bangsa



Monumen Mandala merupakan bangunan menara yang menjulang setinggi 75 meter di pusat Kota Makassar. Di monumen ini juga terdapat berbagai macam relief dan diorama tentang perjuangan pembebasan Irian Barat. Pengunjung juga dapat menyaksikan bentangan Kota Makassar dari ketinggian. Monumen yang terletak di Jl Jenderal Sudirman, lokasinya hanya 200 meter sebelah selatan pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi) ini merupakan  penghargaan sekaligus kenangan abadi masyarakat Sulawesi Selatan terhadap perjuangan HM Soeharto yang pernah menjabat sebagai Deputi Wilayah Indonesia Timur dan Panglima Komando Mandala untuk pembebasan Irian Barat (Papua) pada 1966.
Monumen Mandala menjulang dengan ketinggian 75 meter dari permukaan tanah. Mulai dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996, untuk memperingati perjuangan rakyat indonesia dalam membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah. Bangunan ini terdiri dari empat lantai.
Di lantai satu terdapat diorama relief dan replika pakaian dan perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad XVII. Pada laintai dua terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat.Sedangkan di lantai tiga terdapat replika ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta irian barat, fotofoto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan, dan pakaian yang dipergunakan pada saat operasi Mandala. Sedangkan pada lantai empat adalah ruang pandang di mana pengunjung dapat melihat suasana kota Makassar dari ketinggian. Ruang ini berada di ujung menara dengan ketinggian sekitar 73-75 meter dari permukaan tanah.
 Wisatawan dapat menjangkau Monumen Mandala dengan angkutan umum, taksi, maupun fasilitas pengantaran hotel. Dari pusat kota, Monumen Mandala dapat dicapai dengan berjalan kaki atau naik becak.Untuk masuk dan menikmati pemandangan dari ketinggian, pengunjung dikenai tarif Rp 10.000 per orang. Biasanya lift akan dioperasikan jika pengunjung datang secara berombongan.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management